Pengembangan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Software (Perangkat Lunak) berisikan suatu data yang diprogram sedemikian rupa dan disimpan dalam bentuk digital yang tidak terlihat secara fisik akan tetapi tersimpan dalam sebuah media penyimpanan komputer. Software atau perangkat lunak bisa berupa program atau aktifitas menjalankan suatu perintah atau instruksi melalui interaksi pada software (perangkat lunak) komputer sehingga sistem yang digunakan dapat beroperasi. Software bisa disebut sebagai penggerak atau pengendali hardware (perangkat keras). 



Programmer adalah seorang yang membuat software dengan menggunakan bahasa pemrograman yang ditulis pada aplikasi compiler sehingga akan menjadi sebuah kode yang nantinya akan dikenali oleh mesin hardware. Software berisikan perintah-perintah yang memberikan fungsi dan unjuk keras seperti yang programmer inginkan.

Dalam Rekayasa Perangkat Lunak terdapat tahapan dalam produksinya yaitu communication, requirements capturing (analisa kebutuhan user), spesification (menentukan spesifikasi dari kebutuhan user), desain, coding, testing hingga maintenance (pemeliharaan sistem) setelah digunakan.

Terdapat dua jenis produk perangkat lunak yaitu :

  1. Generic products merupakan sistem yang berdiri sendiri yang diproduksi oleh organisasi pengembangan seperti database, pengolahan kata, paket gambar, dan alat managemen proyek.
  2. Produk yang disesuaikan (atau dipesan lebih dahulu sesuai kebutuhan user) seperti sistem kontrol untuk perangkat elektronik, sistem yang dibuat untuk proses bisnis tertentu, dan sistem kontrol lalu lintas udara.

Teknik dalam memilih metode yang paling tepat untuk pendekatan pengembangan sehingga lebih kreatif dan tidak formal dalam beberapa kondisi untuk menghasilkan perangkat lunak berkualitas tinggi. Pengembangan sistem berbasis web membutuhkan perpaduan keterampilan perangkat lunak dan desain grafis. 

Referensi

Prof. Dr. Yoesoep Edhie Rachmad, S.E, M.M, Ph.D, dkk. (2023). Rekayasa Perangkat Lunak. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.


Post a Comment

0 Comments